Selasa, 22 Maret 2016

Perbeda Madu Hutan dan Madu Budi daya





Madu Tanah air terdiri dari 2 macam yaitu madu budi daya dan madu hutan anda bisa dapatkan di kedai-madu.com. Kuntadi adalah peneliti lebah dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi serta Rehabilitasi Kementerian Kehutanan menyampaikan madu budi daya bermula dari perut lebah apis mellifera. Lebah ini mencari nektar dari bunga yang hidup di lahan pertanian atau kebun, ucapnya kepada salah satu majalah tanah air Rabu 11 Maret 2015.

Lebah mellifera umumnya diternakkan. Sehingga madu budi daya juga dikenal sebagai madu budi daya. Sudiro petani madu asal Jepara, Jawa Tengah, mempunyai ratusan papan lapis kayu yang berisi kelompok lebah mellifera. Berdasarkan Sudiro madu budi daya rata-rata berasal dari bunga yang sejenis. Inilah yang membuat madu budi daya kerap dilabeli sesuai asal bunganya, umpamanya, madu randu berasal dari pohon randu, madu sonokeling dan madu kelengkeng. Lebah budi daya rumah di lokasi yang telah dibuatkan oleh petani. Hampir semua rumah lebah budi daya berbentuk kardus kotak. Harga madu murni asli  anda juga bisa dapatkan di para petani langsung.

Adapun madu hutan berawal dari perut lebah apis dorsata. Lebah mencari nektar bunga dari tanaman yang berada di hutan. Lebah dorsata hidup bebas di hutan. Berdasarkan Kuntadi lebah ini rumah pada pohon dengan ketinggian antara dua puluh sampai tiga puluh meter. Satu pohon bisa terdapat seratus sampai duaratus rumah. Tidak sama dengan petani lebah budi daya, usaha petani madu hutan lebih berat pada cara panen rumah lebah. Letaknya kerap pada ujung cabang pohon, ucapnya.

Tesso Nilo Riau Achmad Wazar ketua Asosiasi Petani Madu Hutan menyampaikan rumit mengidentifikasi madu hutan yang dipanen bermula dari macam nektarnya. Berbeda dengan madu budi daya, penamaan madu hutan mengacu pada lokasi umpamanya madu hutan tesso nilo berawal dari Hutan Danau Sentarum atau madu hutan dari Hutan Tessno Nilo dikenal dengan nama madu hutan Kalimantan.

Berdasarkan Achmad warna madu hutan rata-rata merah gelap, namun madu budi daya warnanya lebih cerah. Madu hutan juga lebih encer dikarenakan rumah berada pada tempat terbuka sehingga potensi terpapar air hujan lebih besar. Adapun rumah lebah budi daya berada di lokasi tertutup terlindungi dari air. Isi madu hutan optimal duapuluh dua persen akan tetapi madu budi daya optimal delapan belas persen. Berdasarkan acuan SNI madu bernama asli atau murni jika  airnya optimal 22 persen. Ketua Umum Jaringan Madu Hutan Tanah air Rio Bertoni mengatakan madu hutan mendominasi quantity madu nasional. Sekitar tujuh lima persen, ujarnya. Sisanya disuplai oleh madu budi daya sebesar duapuluh lima persen.

Buat soal biaya bermacam macam. Direktur Utama PT Madu Pramuka yang menghasilkan madu budi daya memberi harga jual madu asli murni seharga Rp seratus lima puluh sampai duaratus ribu per kg. Adapun madu hutan Riau diberi harga Rp tujuh puluh ribu per kilogram. Berdasarkan Kuntadi madu hutan termahal ialah madu hutan pelawan Bangka Belitung yang dihargai Rp lima ratus sampai tujuh ratus ribu per kg. Tidak sama dengan madu hutan pada umumnya namun madu hutan pelawan lebih cerah. Tak gampang menggumpal walaupun disimpan di kulkas, ucapnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar